.post-body img {max-width:100%;height: auto}
<< MGMP PAI SMP KOTA PADANG >> << MGMP PAI SMP KOTA PADANG >>

Kamis, 12 Maret 2015

PENULISAN DAN PENYUSUNAN KISI-KISI SOAL

PENULISAN DAN PENYUSUNAN KISI-KISI SOAL
Oleh : Dra. Hj. Gusti Murni
( Pengawas PAI )

Penilaian hasil belajar merupakan bagian dari evaluasi belajar yang digunakan sebagai sarana mengukur kemampuan atau perilaku yang dapat dicapai oleh peserta selama pembelajaran dan setelah proses belajar. Kawasan memampuan kompetensi yang diukur mencakup pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap (attitude). Penilaian terutama dilakukan terhadap apa yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan. Capaian hasil yang diinginkan dalam proses pembelajaran  dirumuskan dalam tujuan pembelajaran.

Untuk mengukur kemampuan yang ingin dicapai, diperlukan alat ukur (soal) yang valid, realiabel, daya diskriminasi tinggi, tingkat kesukaran tepat, komprehensip, dan efisien. Salah satu metode yang umum dipakai dalam penilaian hasil belajar, terutama untuk mengukur kemampuan pengetahuan (cognitive) peserta adalah berupa tes tertulis, selain tes lisan. Tes tertulis dapat berbentuk tes objektif atau berbentuk tes uraian. Dan sarana dalam melakukan evaluasi dengan menggunakan tes tertulis adalah berbetuk soal.

Soal yang diujikan kepada siswa adalah soal yang telah dibuat dengan merujuk kepada kaidah-kaidah dalam pembuatan soal.

Untuk lebih lengkapnya masalah penyusunan kisi-kisi soal dan penulisannya, silahkan LIHAT atau DOWNLOAD. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Komentar AKHI/UKHTI

Semoga blok MGMP ini menjadi media yang akan membantu guru untuk mendapatkan media dan informasi untuk memperbaiki mutu guru